cool hit counter

PD Muhammadiyah Kabupaten Banjar - Persyarikatan Muhammadiyah

 PD Muhammadiyah Kabupaten Banjar
.: Home > Berita > Peringati HUT Kemerdekaan Ke-73 RI, IMM Kab. Banjar Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Homepage

Peringati HUT Kemerdekaan Ke-73 RI, IMM Kab. Banjar Gelar Diskusi dan Bedah Buku

Sabtu, 18-08-2018
Dibaca: 136

banjar.muhammadiyah.or.id. Martapura. Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah(IMM)Kabupaten Banjar Melalui Bidang Keilmuan dan Tabligh Pada (17/08) Mengadakan Bedah dan Diskusi Buku “Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno” di Sekretariat IMM Kabupaten Banjar.

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bagian dari cara Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Banjar dalam memaknai hari Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI).

 

IMMawan Muhammad Nashir, selaku Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Banjar dalam sambutannya menyampaikan bahwa apresiasi yang tinggi terhadap bidang keilmuan dan tabligh hingga dapat terlaksana bertepatan dengan hari kemerdekaan.

“Saya secara pribadi berterima kasih kepada bidang keilmuan dan tabligh dalam mengawal kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini nalar kristis dan dahaga keilmuan kita akan tersalurkan melalui mendiskusikan Buku Karangan Ir. Sukarno ini” tegasnya.

 

Sedangkan IMMawan Muhammad Fikri, Ketua Bidang Keilmuan dan Tabligh, selaku penanggung jawab diskusi dan bedah buku menyampaikan bahwa ini merupakan program kerja pertama bidang tabligh dan keilmuan nantinya kegiatan seperti ini akan rutin di lakukan.

“Kami dari bidang keilmuan dan tabligh berterima kasih kepada pimpinan umum yang mendukung terlaksananya kegiatan ini, kami berharap dengan dimulainya program kerja kami ini mampu meningkatkan intelektuaslitas kita sebagai kader Muhammadiyah”

Fikri menambahkan bahwa diskusi dan bedah buku “Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno” merupakan cara berbeda IMM dalam HUT Kemerdekaan Ke 73 RI dengan cara berdiskusi tentang pancasila menurut bung karno yang dituangkannya melalui buku tersebut.

 

Adapun yang didapuk sebagai pembedah sekaligus pemantik diskusi adalah Ahmad Tsaaqib (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta).

 

Ahmad Tsaaqib dalam penyampaiannya bahwa buku “Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno” sebagai penggugah untuk kita bisa memahami secara menyeluruh tentang Pancasila menurut Sukarno. Tsaaqib menjelaskan beberapa pembahasan yang cukup menarik dari buku tersebut yakni Pancasila bukan merupakan konsumsi politis yang berarti pancasila berperan sebagai dasar dari mencerdaskan bangsa yang bermula dari pendidikan dan pengajaran selain itu Sukarno juga mengemukakan konsep Guest (ilmu), Will (kemauan), daad (Amal) sebagai landasan bagi warga negara yang menjadikan Pancasila sebagai falsafah negara dalam wujud kristalisasinya dalam berkehidupan di negara.

 

Kegiatan Diskusi dan Bedah buku berjalan sangat dinamis dengan masing – masing peserta yang menyampaikan argumennya terkait penyampaian Tsaaqib tentang buku tersebut serta tentang Pancasila itu sendiri sebagai ideologi bernegara yang menarik untuk di perbincangkan.(MN)


Tags: IMM, Kabupaten, Banjar, Kalimantan Selatan, Diskusi
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Berita Ortom



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website